|
|
Lgoritma dan Pemrograman
LAPORAN KE-1
Disusunoleh :
Nama : Elang Surya
NIM : 2011140204
SMT : II.B Pagi
Dosen :Atang Susila
Asisten :
1. Willy Christianto
2. Budi Apriyanto
TEKNIK PERANGKAT LUNAK FT UNPAM
Jl. Surya Kencana No.1 PamulangTelp (021)7412566, Fax. (021)7412566
Tangerang Selatan - Banten
PERTEMUAN II
PENGENALAN IDE MICROSOFT VISUAL STUDIO 2008
Tujuan : Agar mahasiswa dapat memahami dan menggunkan IDE pada Michrosoft Visual Studio 2008 Untuk keperluan praktikum algoritma dan pemrograman.
Komponen penyusun project akan dikelompokkan lagi menjadi, Header, Resource dan Source file. Header berisi file-file tentang deklarasi fungsi, variable, dsb (ekstensinya .h). Resource berisi gambar, icon, dsb yang digunakan pada aplikasi. Sedangkan Source berisi file-file kode sumber penyusun aplikasi (ekstensinya .cpp). Beberapa Project bisa digabungkan dalam sebuah Solution.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Buat Project dari menu File à New à Project
2. Pastikan tipe Project-nya adalah Win32
3. Pada Kolom Templates, pilih Win32 Console Application
4. Masukkan ”Name” dari Project
5. Masukkan atau pilih (dengan tombol Browse) lokasi tempat Project akan disimpan. Agar pencarian file/project mudah dimengerti, direktori tempat penyimpanan project dibuat dengan pola: ALGO\
ALGO\201014000\P01
6. Hilangkan pilihan (centang) pada item ”Create directory for solution”
7. Tekan tombol OK untuk pindah ke dialog berikutnya
8. Jika muncul dialog baru klik Next
9. Pada dialog ”Application Settings”, Group Additional options, pilih (centang)
Empty Project. Untuk pilihan lainnya biarkan jangan dirubah.
10. Tekan tombol Finish
11. Bukalah folder pada item 5 (lokasi project), untuk melihat file-file yang telah dibuat
Contoh:
Gambar 1 :
Keterangan: Untuk menampilkan IDE diatas pertama-tama klok star àAll program à Visual Studio 2008.
Gambar 2
Keterangan: Klik File à New à Project, stelah itu lalu pilih Win32 Consue Application seperti gambar di atas lalu isi Name kemudian kllik OK, maka akan tampil seperti gambar 3 di bawah.
Gambar 3
Gambar 4
Keterangan 3 dan 4 : Pada gambar 3 pilih Next, lalu kegambar empat kemudian pilih Empety Project stelah itu klik finish.
Gambar 5
Keterangan: Pilih Project à Add New Item..(Ctrl+Shift+A) maka akan tampil seperti gambar di atas lalu pilih C++ File (.cpp) à masukan nama File yang akan di buat pada kolom name kemudian Add untuk memulai membuat program C++.
Gambar 6
àLangkh-langkah Pembuatan Program
Masukan code Editor sebagai berikut:
1. Tambahkan kode program C++nya. Kode harus memuat fungsi main minimum seperti tercantum berikut ini:
Bentuk fungsi main bisa juga:
int main() int main(void)
void main() void main(void)
2. Build Project melalui menu Build à Build Solution (lihat penjelasan menu Build). Jika ada error, lakukan perbaikan. Jika tidak ada error, pada output window akan tampil seperti berikut (pastikan faileddan error-nya 0):
… 0 error(s), 0 warning(s)
========== Build: 1 succeeded, 0 failed, 0 up-to-date, 0 skipped ==========
3. Jalankan program melalui Debug à Start Without Debugging (lihat penjelasan menu Debug). Apabila ingin melakukan debugging, bisa dengan cara Debug à Start Debugging
4. Apabila diperlukan perbaikan atau penambahan kode baru, kembali ke langkah terkait
Pada umumnya, program yang dibuat tidak langsung bisa dikompile. Ada saja error yang timbul. Penyebab terjadinya error bisa bermacam-macam, tergantung dari kasus. Tapi biasanya ada beberapa error yang sering dilakukan diawal-awal membuat program dengan C++. Error-error tersebut tercantum pada Daftar 5. Perhatikan kode errornya (yang ditandai). Pesan yang ditampilkan biasanya tidak persis sama, tapi menyesuaikan, walaupun kodenya sama. Saat terdapat error, Perbaiki dari error dengan nomor 1, 2, 3 dan seterusnya, bukan sebaliknya atau loncat-loncat.
Kesalahan-kesalahan yang seringterjadi dan Pesan Errornya
1. Tidak ada fungsi main. Tampilan pada Error List Window:
Error 1 error LNK2001: unresolved external symbol _main
2. Salah menulis nama fungsi, nama variabel, termasuk beda HURUF BESAR dan huruf kecil. Tampilan pada Error List Window seperti:
Error 1 error C3861: 'print': identifier not found
Error 2 error C2065: 'X' : undeclared identifier
3. Lupa menuliskan ; (titik koma) pada akhir pernyataan. Tampilan Error List Window:
Error 1 error C2146: syntax error : missing ';' before identifier 'x'
4. Seharusnya ; (titik koma) tapi tertulis : (titik dua). Tampilan Error List Window:
Error 1 error C2143: syntax error : missing ';' before ':'
5. Jumlah kurung tutup ) tidak sama dengan kurung buka ( . Tampilan Error List:
Error 1 error C2143: syntax error : missing ')' before ';'
6. Jumlah kurung kurawal } tidak sama dengan kurung kurawal buka {.
Error 1 fatal error C1075: end of file found before the left brace '{' at '.\main.cpp(7)' was matched
7. String yang diawali dengan tanda petik tidak diakhiri dengan tanda petik. Tampilan Error List Window:
Error 1 error C2001: newline in constant
Error 2 error C2146: syntax error : missing ')' before identifier 'x'
PERTEMUAN III
INPUT-OUTPUT
TUJUAN : Memahami format Input-Output dalam bahasa C/C++.
//Program1a_cout #include using namespace st d; void main(void) { cout<<"Hello...."; cout<<"World..........."< cout<<"Program pertama saya\n"; cout<<"Menggunakan C++"; cout< cout<<"Ternyata menyenangkan"; } | //Program1b_std::cout #include void main(void) { std::cout<<"Hello...."; std::cout<<"World..."< std::cout<<"Program pertama \n"; std::cout<<"Menggunakan C++"; std::cout< std::cout<<"Menyenangkan”; } |
//Program1c_printf #include void main(void) { printf("%s","Hello...."); printf("%s\n","World..........."); printf("%s\n","Program pertama"); printf("%s\n","Menggunakan C++"); printf("%s\n","Menyenangkan"); puts("Good Bye..."); } | //Program1d_cin #include using namespace std; void main(void) { char karakter; cin>>karakter; cout<<"Karakter : "< cout< } |
//Program1e_cin #include using namespace std; void main(void) { char karakter; cout<<"Masukan 1 karakter : "; cin>>karakter; cout<<"karakter : "; cout< } | //Program1f_scanf #include void main(void) { int C,D,E; printf("Inputkan bil ke-1 : "); scanf("%i",&C); printf("Inputkan bil ke-2 : "); scanf("%i",&D); printf("Inputkan bil ke-3 : "); scanf("%i",&E); printf("C %i,D=%i,E=%i\n",C,D,E); } |
Program 3a
Keterangan: cout <<"Hello World";
Intruksi ini merupakan hal yang paling penting dalam program contoh. cout merupakan standard output stream dalam C++ (biasanya monitor). cout dideklarasikan dalam header file iostream.h, sehingga agar dapat digunakan maka file ini harus disertakan.
Perhatikan setiap kalimat diakhiri dengan tanda semicolon (;). Karakter ini menandakan akhir dari instruksi dan harus disertakan pada setiap akhir instruksi pada program C++ manapun.
Hal yang menjadi catatan penting di sini bahwa program C++ bersifat Case Sensitive, artinya huruf besar dan kecil dianggap beda.
Tanda \n digunakan untuk pindah baris.
#include
Kalimat yang diawali dengan tanda (#) adalah are preprocessor directive. Bukan merupakan baris kode yang dieksekusi, tetapi indikasi untuk kompiler. Dalam kasus ini kalimat #include
endl: kode ini identik dengan sebutan enter atau new line, dimana kursor berpindah pada baris / line berikutnya
Preprosesor : merupakan compiler untuk merubah source code kedalam bahasa mesin
Program 3b
Keterangan : Pada contoh di atas, iostream disebut file header. File header tersebut diperlukan agar perintah cout bisa dijalankan. Apabila file header tersebut dihapus, maka akan terjadi error. Untuk mengakses file header, digunakan perintah #include , atau #include “file header”.
Dalam suatu program bisa jadi melibatkan lebih dari satu file header.
std::cout, ini adalah nama dari standard out dalam C++ yang digunakan untuk menampilkan tulisan ke layar,
Program 3c
Keterangan : Perintah cout << “Hello world”;
dapat diganti dengan printf(“%s”Hello world”);
Fungsi printf() berguna untuk menampilkan semua jenis data (number, string, dan karakter).
Program 3d
Keterangan : Char adalah tipe data karakter yang bisa menyimpan mulai dari: a – z, A – Z, ‘!’, ‘@’, dsb.
Char karakter; variabelGlobaldapat digunakan untuk setiap bagian dari program, maupun fungsi, walaupun dideklarasikan diakhir program.
fungsi cin >>berguna untuk menginput data dari keyboard yang berupa data numerik, string, dan karakter.
a) Program 3e
Keterangan : Dari kode diatas kita lihat bahwa yang akan menjadikan input dari user untuk menentukan karakter adalah cin>>karakter;
Jika data diinput maka hanya bisa mencetak karakter saja, karena perintah dari cout<<”masukan 1 karakter:”;
b) Program 3f
Keterangan : fungsi scanf() berguna untuk meninput data baik berupa bilangan, karakter, ataupun kalimat secara terformat.
PERTEMUAN IV
TIPE DATA DAN OPERATOR
TUJUAN :
Memahami tipe data dan operator dalam bahasa C.
//PERTEMUAN4A(siseof),Menentukan lebar data #include using namespace std; void main(void) { cout<<" Lebar data tipe bool = "< cout<<" Lebar data tipe char = "< cout<<" Lebar data tipe short = "< cout<<" Lebar data tipe integer = "< cout<<" Lebar data tipe float = "< cout<<" Lebar data tipe double = "< } |
Program 4a
sizeof berfungsi untuk mengukur atau mengetahui ukuran memory yang digunakan oleh sebuah variabel.
Masukan Inputnya sbb :
Masukan Nilai ke-1 : 10
Masukan Nilai ke-2 : 7
Masukan Karakter ke-1 : A
Masukan Karakter ke-2 : B
Program 4b
//Program4b #include using namespace std; void main(void) { int Nilai1,Nilai2,Hasil1; char Karakter1,Karakter2,Hasil2; cout<<"Masukan Nilai ke-1 : ";cin>>Nilai1; cout<<"Masukan Nilai ke-2 : ";cin>>Nilai2; cout<<"Masukan Karakter ke-1 : ";cin>>Karakter1; cout<<"Masukan Karakter ke-2 : ";cin>>Karakter2; Hasil1=Nilai1+Nilai2; cout< cout< cout< cout<<"66 adalah kode ASCII untuk karakter : "<<(char)66< cout<<"131 adalah kode ASCII untuk karakter : "<<(char)131< } |
Untuk mengetahui kode ASCII dari :
Nilai ke-1 : 8
Nilai ke-2 : 9
Karakter ke-1 : A
Karakter ke-2 : B
PERTEMUAN V
PENCABANGAN/PEMILIHAN
TUJUAN :
Memahami sintak dan mekanisme pencabangan/pemilihan dalam bahasa C/C++
bilangan-bilangan 1,2, 3, 4,5.
//Program 5a #include using namespace std; void main(void) { int x,s; cout<<"Masukan bilangan bulat : "; cin>>x; s=x%2; if(s==0) { cout<<"Bilangan Genap"< } } | //Program 5b #include using namespace std; void main(void) { int x,s; cout<<"Masukan bilangan bulat : "; cin>>x;s=x%2; if(s==0) { cout<<"Bilangan Genap"< } else { cout<<"Bilangan Ganjil"< } } |
// Program 5c #include using namespace std; void main(void) { int x; cout<<"Masukan bilangan (1-3):"; cin>>x; if(x==1) { cout<<"Minggu"< } else { if(x==2) { cout<<"Senin"< } else { if(x==3) { cout<<"Minggu"< } else { cout<<"Input Salah"< } } } | // Program 5d #include using namespace std; void main(void) { int x; cout<<"Masukan bil bulat (1-3):"; cin>>x; switch(x) { case 1: cout<<"Minggu"< break; case 2: cout<<"Senin"< break; case 3: cout<<"Selasa"< default: cout<<"Input Salah"< } } |
Pogram 5a
Interger berarti data berupa angka bilangan bulat.
Menangani standard input pada C++ dengan menambahkan overloaded operator extraction (>>) pada cin stream. Harus diikuti bengan variable yang akan menyimpan data. Contoh :
int x;
cin >> x;
Contoh diatas mendeklarasikan variabel x dengan tipe int dan menunggu input dari cin (keyborad) untuk disimpan di variabel x.
cinakan memproses input dari keyboard sekali saja dan tombol ENTER harus ditekan
% : untuk membedakan text biasa dengan format variabel.
If : berfungsi sebagai pembanding.
if (s==0) berarti s bernilai 0
Program 5b
Cout<<”Masukan bilangan bulat :”; akan mencetak masukan bilangna bulat.
Cin>>x;s==x%s; nilai x akan diinput dari user.
If (s==0) pembandingan.
Cout<<”Bilangan Genap”<
Else, merupakan pembandingan
Cout<<”Bilangan Ganjil”<
Program 5c
bagian else disana akan berisi perintah-perintah yang akan dijalankan apabila kondisi if(x==1) menghasilkan nilai false atau salah. Apabila kondisi if(x==1) menghasilkan nilai true maka computer akan mencetak minggu. Dan seterusnya.
else digunakan untuk membedakan apakah bilangan yang kita masukkan adalah hari senin, selasa atau rabu.
Program 5d
Switch case merupakan pernyataan yang dirancang khusus untuk menangani pengambilan keputusan yang melibatkan sejumlah atau banyak alternatif, tetapi penggunaannya hanya untuk memeriksa data yang bertipe karakter atau integer.
Pogram tersebut memilki nilai default berupa,
huruf yang anda ketik adalah huruf mati
Artinya jika semua keadaan sebelumnya tidak sesuai dengan nilai yang diinputkan maka statemen yang berada di dalam default akan dieksekusi.
PERTEMUAN VI
PENGULANGAN MENGGUNAKAN FOR
TUJUAN :
Memahami sintak dan mekanisme pengulangan dalam bahasa C/C++
//Program 6a #include using namespace std; void main(void) { for(int i=1;i<10;i++) { cout< } } | //Program 6b #include using namespace std; void main(void) { for(int i=1;i<=10;i++) { cout< } } | //Program 6c #include using namespace std; void main(void) { int i; for(i=1;i<=10;i+=2); { cout< } } |
//Program 6d #include using namespace std; void main(void) { int i=0; for(;i<=10;) { i++; cout< } } | //Program 6e #include using namespace std; void main(void) { for(int i=0;i<=10;) { cout< i++; } } | //Program 6f #include using namespace std; void main(void) { int i,j; for(i=1;i<=5;i++) { for(j=1;j<=i;j++) { cout<<”*”; } cout< } } |
//Program 6g #include using namespace std; void main(void) { int i; for(i=1;i<5;i+=10) { cout< } } | //Program 6h #include using namespace std; void main(void) { for(int i=1;i>5;i--) { cout< } } | //Program 6i #include using namespace std; void main(void) { int i; for(i=10;i>=0;i--) { cout< } } |
Output-nya:
For(int i=1; i<10; i++)berarti data yg di cetak berupa bilangan bulat dengan i=1 atau data berawal dari angka 1 dan i<10 kurang dari 10, kemudian i++ setiap angka akan ditambahkan 1.
Cout<
For(int i=1; i<=10; i++)pembandingan i bernilai awal 1 dan i kurang dari 10 kemudian di jumlahkan.
For(i=1;i<=10;i+-2) bearti pembandingan untuk i bernilai 1, dengan i kurang dari 10 dan i+-2 i dijumlahkan 1 dan dikurang 2
Nilai i=0 berarti kondisi awal variabel yang bernilai 0, nantinya akan dilakukan pengulangan sampai ekspresi yaitu i<=10, dengan nilai tiap pengualangan berupa i++ yang berarti i=i+1.
Perlu diketahui bahwa penulisan i++ jauh lebih baik dalam pemrograman daripada penulisan i=i+1 walaupun keduanya menghasilkan nilai yang sama.
For(int i=0;i<=10;) berarti pembandingan utnuk i bernilai 0 dan i kurang dari 10.
kemudian i akan dicetak dengan perintah cout<
Dan i++, ini adalah penjumlahan.
Bila diamati baik – baik, akan diketahui bahwa, misalnya, jika ada 5 baris yang diminta, maka ada 4 buah spasi yang dibuat lalu kemudian dicetak tanda asterisk “*”, dan pada baris berikutnya ada 3 buah spasi lalu dicetak dua buah tanda asterisk. Lalu kemudian pada baris berikutnya ada 2 buah spasi, pada baris berikutnya lagi ada 1 buah spasi,. Dapat disimpulkan bahwa jumlah spasi yang dibuat pada baris pertama adalah:
Total baris yang diinginkan – 1
Lalu kemudian pada baris kedua adalah:
Total baris yang diinginkan – 2
Begitu seterusnya.
For(i=1;i<5;i+-10) pembandingan untuk i bernilai 1 dengan i kurang dari 5 dan kemudian i di jumlahkan 1 dan di kurang 10.
For (int i=1;i>5;i--), ini berarti pembandingan, i memiliki nilai awal 1, i kurangdari 5, i—pengurangan nilai i.
Int i; , disini berarti data bertipe
For (i=10;i>=0;i--) berarti untuk anda bisa melakukan inisialisasi, yaitu mendeklarasikan variabel baru dan langsung memasukan nilai di dalamnya, kemudian memberi kondisi dimana perulangan itu akan terus dilakukan, dan pada akhirnya menentukan iterasi.
PERTEMUAN VII
PENGULANGAN MENGGUNAKAN WHILE
TUJUAN :
Memahami sintak dan mekanisme pengulangan dalam bahasa C/C++
//Program 7a #include using namespace std; void main(void) { int i=1; while(i<5) { cout< i++; } } Output : 1,2,3,4 | //Program 7b #include using namespace std; void main(void) { int i=1; while(i<5) { cout< } } Output : 1,2,3,4 | //Program 7c #include using namespace std; void main(void) { int i=1; while(i<=5) { cout<<++i< } } Output : 2,3,4,5,6 |
//Program 7d #include using namespace std; void main(void) { int i=1; while(i<=5) { cout< i++; } } Output : 1,2,3,4,5 | //Program 7e #include using namespace std; void main(void) { int i=1; while(i) { cout< i++; } } Output : tak terhingga | //Program 7f #include using namespace std; void main(void) { int i=1; while(0) { cout< i++; } } Optput : tidak ada |
//Program 7g #include using namespace std; void main(void) { int I=1; do { cout< I++; } while(I<= 5 ); } Output : 1,2,3,4,5 | //Program 7h #include using namespace std; void main(void) { int I=10; while(I<15) { cout< I++; } } Output : 10,11,12,13,14 | //Program 7i #include using namespace std; void main(void) { int I=10; do { cout< I++; }while(I<15); } Output : 10,11,12,13,14 |
Output-nya:
Int i=1; berarti I memiliki nilai awal 1.
While (i<5) berarti pengulangan dengan i kurang dari 5.
Cout<
I++; penjumlahan i
I memiliki nilai awal 1.
While (i<5) berarti pengulangan dengan i kurang dari 5.
disini int i=1; berarti i bernilai 1
While (i<=5) berarti i kurang dari 5
++i; Itu sama saja dengan perintah yang berada di dalam komentar: // i = i + 1;
Int i=1; berarti nilai awal dari i adalah 1.
while(i<=5) ini adalah sebagai perintah pengulangan while, jadi i kurang dari 5. Karena i tadi nilai awalnya adalah 1 , maka program akan mencetak cout<
I++; merupakan penjumlahan i, jadi nilai i tadi dijumlahkan hingga kondisi true.
Int i=1; berarti i bernilai 1,
While (i), perulangan mengalami overload (tidak mengetahui akhir dari kode sumber).
Int i=1; berarti i bernilai 1.
while (0), berarti tidak ada perulangan jadi komputer mencetak nol atau kosong.
Int I=1; i mempunyai nilai 1.
Disini menggunakan do..while yang berarti perintah untuk melakukan sesuatu dalam program sampai kondisinya terpenuhi.
Int I=10; berarti i bernilai 10.
while (I<15), berarti dia akan melakukan pengulangan bahwa i kurang dari 15, maka hasilnya 10, 11, 12, 13, dan 14.
while adalah pengulangan yang dilakukan oleh program selama (while) dalam keadaan tertentu, hingga keadaan terpenuhi (true).
Int I=10; berarti I benilai interger degnan I bernilai 10.
do , berarti program masih dibandingkan hingga kondisinya terpenuhi.
Cout<
I++; penambahan
While(I<15); berarti dia akan melakukan pengulangan hingga I kurang dari 15, atau sampai adanya data yang valid.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar